Wednesday, 7 November 2012

Permasalahan Bangsa Indonesia.

Standard

Permasalah Bangsa Indonesia.
1.       Korupsi sebagai penyakit bangsa yang belum teratasi.
66 tahun bangsa Indonesia telah merdeka dan terbebas dari cengkraman dan tindasan bangsa lain. Ratusan tahun bangsa ini terjajah dan terinjak-injak oleh penjajah dan akhirnya kini telah telah merdeka. Namun sekarang, Negara ini terjajah oleh bangsanya sendiri. Indonesia belum terbebas dari kemiskinan, kebodohan, dan penderitaan. Semua itu karena korupsi yang dengan leluasa menggerogoti bangsa ini.korupsi membuat bangsa ini menjadi lemah dan terjerembak dalam kesulitan. Para koruptor membodohi rakyat, merampas uang rakyat tanpa memikirkan akibatnya terhadap kehidupan bangsa.

Sikap kejujuran dan keadilan terhadap masyarakat belum di contohkan oleh wakil-wakil rakyat yang berada di gedung DPR dan MPR. Banyak anggota DPR yang terjerat kasus korupsi.  Banyak kepala daerah yang masuk penjara hanya karena masalah korupsi. Bahkan tingkat korupsi di indonesia adalah yang terparah di Asia-Pasifik.

Masih banyak warga miskin yang belum dapat beranjak dari kemiskinan malah justru bertambah miskin karena keadaan ekonomi yang semakin memburuk dan masih banyak lagi dampak korupsi di indonesia.

Nilai nilai pancasila sebenarnya dapat menyelesaikan permasalahan ini. Sudah dijelaskan bahwa keadilan sosial bagi seluruh bangsa indonesia. Semua warga Negara mempunyai kedudukan dan hak yang sama di dalam hukum.  Sebagai seorang pemimpin sebaiknya meiliki sifat kejujuran dalam memimpin bangsa ini. Jangan menjadi pembohong dan melakukan korupsi dengan tujuan memperkaya diri sendiri. Pacasila sebagai pandangan hidup ternyata masih sebatas teori. Jika saja semua bangsa indonesia dapat menjalankanya dengan penuh hikmat indonesia pasti menjadi Negara maju.

2.       Ketidakpercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan dan penegak hukum.
Terkait dengan masalah korupsi, krisis kepercayaan menjadi salah satu masalah yang ada di Negara ini. Kredibilitas seorang pemimpin semakin diragukan, walaupun masih ada pemimpin yang memihak kepada rakyat . Namun faktanya sekarang ini indonesia benar-benar sedang krisis kepercayaan. Pemimpin yang diharapkan dapat memberi kemaslahatan bagi bangsa ini namun keadaan tetap saja tidak berubah.

Penegak hukum sekarang ini banyak yang mudah untuk di suap. Banyak kasus penyuapan terjadi kemudian berkahir di penjara. Kembali, pancasila sudah menanamkan bahwa “kerakyatan yang  dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Sudah jelas bahwa sebagai pemimpin haruslah bijaksana, tanpa pilih kasih, adil dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Tetapi masih banyak penyelewengan kewenangan oleh oknum-oknum penegak hukum itu sendiri.

0 comments:

Post a Comment